KOMITMEN

Indonesian Mentor Teachers ( AGPPI) merupakan wadah guru pembimbing penelitian yang mempunyai peran serta dan komitmen yang tinggi terhadap penelitian.


Sabtu, 15 Mei 2010

Aturan Lomba

Lomba
  1. Babak penyisihan dilakukan oleh dewan juri dengan membaca makalah penelitian dan melihat presentasi melalui rekaman film presentasi.
  2. Peserta yang lolos babak penyisihan akan diundang untuk hadir pada babak Final.
  3. Pengumuman peserta yang lolos ke babak final akan dilakukan pada tanggal 30 September 2010melalui website lomba.
  4. Pada babak Final, peserta mempresentasikan secara langsung penelitiannya di hadapan dewan juri.
Ketentuan Umum Lomba
  1. Setiap sekolah dapat mengirimkan maksimal 5 penelitian.
  2. Peserta adalah pelajar SMA/SMP/SMK/MA/MTs berusia usia 13-19 tahun pada saat lomba.
  3. Penelitian dapat dilakukan secara perorangan maupun berkelompok (maksimal anggota kelompok berjumlah 3 orang).
  4. Penelitian adalah salah satu dari bidang ilmu berikut : Matematika, Fisika, Ekologi, Ilmu Komputer ( yang termasuk Ekologi adalah Biologi, Kimia, Kedokteran, Lingkungan, Psikologi ).
  5. Setiap peserta/kelompok wajib mengirimkan abstrak penelitian, makalah penelitian, dan rekaman presentasi.
  6. Peserta yang masuk ke babak final wajib mempresentasikan hasil penelitian yang dikirimkan tersebut di depan dewan juri.
Ketentuan untuk Abstrak
  1. Abstrak ditulis dalam bahasa Inggris.
  2. Abstrak dibuat maksimal 1 halaman A4, tipe huruf: Times New Roman (12pt - spasi 1,5), margin kiri: 2 cm, kanan: 2 cm, atas: 2 cm, bawah: 2 cm. 
    Contoh : CONTOH_ABSTRACT.doc 
    Form Abstract InaYS : FORM_ABSTRACT_INAYS_2010.doc
  3. Kirimkan abstrak dalam bentuk file softcopy ke email panitia : inays.unpar@gmail.com selambatnya 27 Agustus 2010. Panitia akan membalas email sebagai konfirmasi penerimaan abstrak.
  4. Penamaan file abstrak sebagai berikut : 
    Abstrak_bidang penelitian_nama sekolah_nama salah seorang peserta.doc 
    (contoh : Abstrak_Matematika_SMAN8 Surabaya_Rizal Ramli.doc).
Ketentuan untuk Makalah
  1. Makalah ditulis dengan menggunakan metoda ilmiah.
  2. Makalah ditulis dalam bahasa Inggris.
  3. Makalah diketik dengan menggunakan :
    1. kertas ukuran: A4 (5 - 15 halaman)
    2. tipe huruf: Times New Roman (12pt - spasi 1,5)
    3. margin kiri: 2 cm, kanan: 2 cm, atas: 2 cm, bawah: 2 cm
  4. Makalah penelitian dikirimkan ke panitia dalam 2 bentuk yaitu : 
    1. Hardcopy sebanyak 6 eksemplar (dijilid soft cover saja) dikirim melalui pos ke alamat Sekretariat Panitia
    2. Softcopy (file digital) dalam format Word dengan penamaan file sebagai berikut :
      Makalah_bidang penelitian_nama sekolah_nama salah seorang peserta.doc
      (contoh : Makalah_Matematika_SMAN8 Surabaya_Rizal Ramli.doc).
  5. Makalah dalam bentuk hardcopy dan softcopy diterima oleh panitia selambatnya tanggal 20 September 2010.
Ketentuan untuk Film Presentasi
  1. Film presentasi dibuat dalam format digital.
  2. Yang direkam adalah siswa yang sedang mempresentasikan penelitiannya dengan background layar proyektor yang menampilkan Power Point nya.
  3. Untuk penelitian yang dilakukan secara berkelompok, presentasinya dapat dilakukan secara bergantian.
  4. Jika penelitian ini lolos ke babak final, peserta yang mempresentasikan di babak final harus sama dengan yang direkam dalam film presentasi.
  5. Waktu untuk rekaman presentasi untuk setiap penelitian adalah maksimal 10 menit (tanpa tanya jawab)
  6. Presentasi harus menggunakan bahasa Inggris.
  7. Presentasi dapat didukung dengan demonstrasi/alat peraga.)
  8. File film diberi nama dengan ketentuan sebagai berikut :
    Film_bidang penelitian_nama sekolah_nama salah seorang peserta
    (contoh : Film_Matematika_SMAN8 Surabaya_Rizal Ramli).
  9. Film rekaman presentasi dan softcopy file makalah pada butir 4.2 di atas dimasukkan dalam CD, diterima oleh panitia lomba selambatnya tanggal 20 September 2010.
Ketentuan untuk Presentasi di Babak Final
  1. Peserta yang melakukan presentasi adalah peserta yang sama pada rekaman film yang dikirimkan ke panitia pada babak penyisihan.
  2. Waktu untuk presentasi untuk setiap penelitian adalah 10 menit dan dilanjutkan 5 menit untuk tanya jawab dengan dewan juri.
  3. Presentasi harus menggunakan bahasa Inggris baik dalam menyampaikan presentasi maupun pada alat dukungan presentasi (Power Point dll).
  4. Peserta dipersilahkan untuk membawa alat peraga yang dibutuhkan.
  5. Panitia menyediakan media untuk presentasi seperti komputer/laptop dan proyektor.
  6. Pada saat Daftar Ulang sebelum acara final dimulai, setiap penelitian memasukkan file Power Point ke komputer/laptop milik panitia (walaupun peserta menggunakan sendiri laptopnya untuk berpresentasi)

Tidak ada komentar: